Berita > Seputar TKI
Bonus NTD 20.000 Bagi yang Melaporkan Agensi Lakukan Praktik Jual Beli Job di Taiwan
29 Sep 2021 06:50:12 WIB | Hanik Tw | dibaca 1123
Ket: WDA: Bonus NTD 20.000 Bagi yang Melaporkan Agensi Jual Beli Job Pindah Majikan di Taiwan
Foto: Facebook 1955hotline
Taipei, LiputanBMI - Badan pengembangan tenaga kerja international Kementerian tenaga kerja (WDA) hari ini (28/9/2021) mengeluarkan pengumuman akan memberikan hadiah sebesar NTD 20.000 bagi yang melaporkan terkait praktek jual beli job proses pindah majikan yang dilakukan oleh agensi.

Hal tersebut dilakukan untuk menanggapi banyaknya keluhan dari pekerja migran tentang pemungutan biaya ilegal oleh agen atau yang biasa disebut jual beli job atau dalam bahasa mandarinnya disebut dengan istilah 買工費 (baca: Mai Kong Fee) saat mereka mau pindah majikan.

Adapun isi tulisan yang dishare di aplikasi line 1955ID dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia seperti di bawah ini.

PERHATIAN!
SAAT PROSES GANTI MAJIKAN, AGENSI TIDAK BOLEH MENGENAKAN BIAYA UNTUK「GANTI MAJIKAN」PADA ANDA!
JIKA AGENSI MENGENAKAN BIAYA ATAS GANTI MAJIKAN, HUBUNGI 1955 UNTUK PENGADUAN, SETELAH MELALUI PENYELIDIKAN DAN BENAR, AKAN DAPAT BONUS NTD 20.000.

Sebagaimana diberitakan pts News (23/9), sejumlah legislator pada tanggal 23 lalu menggelar konferensi pers, menuntut direvisinya prosedur bersangkutan untuk mengizinkan PMA memohon dokumen terkait secara langsung tanpa melewati pihak agen. MOL pun telah setuju, sistem permohonan melalui internet untuk PMA akan diluncurkan awal tahun depan.

Sambil mempertunjukkan tangkapan layar, legislator Lin Chu-yin membeberkan, lebih dari 10 PMI diminta biaya tambahan oleh pihak agen saat pergantian kerja atau majikan, bahkan ada seorang PMA dari Vietnam yang diminta NT$ 10.000 untuk mendapatkan izin pergantian kerja, padahal menurut UU Jasa Kerja dan regulasi bersangkutan lain, pihak agen hanya bisa memungut biaya pelayanan sebanyak NT$ 1.500-1.800 per bulan, berarti semuanya telah melanggar hukum.

Para legislator khawatir ini hanya sebagian dari masalah yang diketahui, maka menuntut Kementerian Ketenagakerjaan (MOL) meninjau dan menyederhanakan prosedur pergantian majikan bagi PMA, mengizinkan PMA mengunduh semua dokumen yang dibutuhkan melalui internet, atau mengizinkan majikan baru untuk membantu PMA menyelesaikan permohonan.

Menurut pejabat MOL, sebuah sistem baru akan diluncurkan awal tahun depan, mengizinkan PMA untuk memohon dokumen bersangkutan melalui internet, untuk mengurangi kesempatan eksploitasi bagi para agen.
(HNI, 29/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BRI Idul Fitri
atc_cargo
psstki