Berita > Seputar TKI
Menyamar Sebagai Petani, Imigrasi Changhwa Berhasil Menangkap 35 Pekerja Migran Ilegal
25 Sep 2021 11:29:34 WIB | Hanik Tw | dibaca 1075
Ket: Menyamar Sebagai Petani, Imigrasi Changhwa Berhasil Menangkap 35 Pekerja Migran Ilegal
Foto: United Daily News
Taipei, LiputanBMI - Tim satgas imigrasi Changhwa bersama anggota kepolisian beberapa hari lalu menggerebek sebuah perusahaan dan berhasil menangkap sebanyak 35 pekerja migran ilegal asal Vietnam.

Baru-baru ini tim satgas Imigrasi Changhwa menerima laporan adanya sebuah pabrik besi di daerah Hemei yang diduga mempekerjakan pekerja migran ilegal dalam jumlah besar.

Untuk menghindari terjebak ular di rerumputan, seorang inspektur mengenakan baju petani dan berpura-pura menjadi petani menyusup ke pabrik, supaya dengan mudah mengumpulkan bukti-bukti. Ia juga menjumpai banyak kertas-kertas yang ditempel di dinding dengan tulisan berbahasa Vietnam.

Setelah semua bukti terkumpul, Tim satgas bersama kepolisian mengerahkan 50 anggotanya untuk melakukan penggerebekan, dan berhasil menangkap 35 pekerja migran ilegal yang semuanya berasal dari Vietnam.

Mengingat masih dalam masa pendemi, ke-35 pekerja migran tersebut kemudian dibawa ke RS Xiuchuan, Changhwa untuk melakukan test PCR, untungnya hasilnya semua negatif.

Namun, karena jumlah mereka yang banyak Tim imigrasi menggunakan angkutan bis untuk mengangkut mereka.

Tim khusus kemudian mengantarkan mereka ke rumah detensi untuk menunggu proses kepulangan.

Sementara itu, pemilik perusahaan yang bermarga Chang mengaku telah mempekerjakan mereka selama setengah tahun, dan tidak menyediakan asrama bagi mereka.

Petugas juga mengingatkan kepada majikan supaya tidak merekrut pekerja migran ilegal karena sesuai dengan Peraturan Ketenagakerjaan bisa dikenakan denda antara NTD 150.000 hingga NTD 750.000.

Dan apabila dalam waktu Lima tahun melakukan kesalahan lagi maka bisa dipenjara maksimal 3 tahun atau denda maksimal NTD 1 2 juta.
(HNI, 25/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BRI Idul Fitri
atc_cargo
psstki