Berita > Pelaut
Beri Santunan Rp 575 Juta Kepada Ahli Waris ABK, Kadisnakerin Kota Tegal Apresiasi PT RNT Utama Indonesia
23 Aug 2021 03:39:41 WIB | Imam Syafii | dibaca 2129
Ket: Dokumentasi pasca serah terima asuransi almarhum ABK RPA
Foto: LBMIJKT
Nasional, LiputanBMI - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal Drs. R. Heru Setyawan mengapresiasi PT RNT Utama Indonesia karena telah menyelesaikan kewajibannya sebagai perusahaan keagenan awak kapal atas tanggungjawabnya dalam memulangkan, pemakaman jenazah, hingga penyerahan hak-hak almarhum Anak Buah Kapal (ABK) baik gaji maupun santunan asuransi kepada pihak ahli warisnya dengan total santunan sebesar Rp. 575.525.000 (lima ratus tujuh puluh lima juta lima ratus dua puluh lima ribu rupiah).

“Itu merupakan langkah yang perlu dicontoh oleh perusahaan-perusahaan pengirim ABK dalam hal penyelesaian kasus.” Kata Heru dalam acara serah terima santunan asuransi kematian ABK kepada ahli warisnya di The Secret Café, Boulevard Citraland, Kota Tegal, Jumat (20/08/21).

Heru juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan karena almarhum merupakan tulang punggung keluarga dan berharap santunan yang diterima bisa dipergunakan sebaik-baiknya untuk menjalani kehidupan keluarga selanjutnya.

Almarhum ABK RPA (26) merupakan warga asal Garut, Jawa Barat yang meninggal dunia akibat sakit saat bekerja di atas kapal penangkap ikan Ji Da Yng di Kepulauan Falkland, Stanley, Amerika Selatan. Ia meninggal dunia pada tanggal 19 Mei 2021 dan pada tanggal 14 Juni 2021 jenazah tiba di Tanah Air.

Hak asuransi telah diserahkan oleh PT RNT Utama Indonesia kepada ahli waris ABK yakni Sdri. DS selaku istri sah almarhum sebesar Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) dengan disaksikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal dan Asosiasi Pekerja Perikanan Indonesia (AP2I) serta ayah dan ibu kandung almarhum.

Serah terima hak asuransi tersebut merupakan penutup atau penyelesaian atas tanggung jawab dari pihak perusahaan PT RNT Utama Indonesia selaku perusahaan yang merekrut dan menempatkan almarhum sebagai ABK.

Sebelumnya, pihak perusahaan juga telah memberikan kepada ahli waris berupa uang duka sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) pada tanggal 21 Mei 2021 dan pada tanggal 11 Juni 2021 uang kompensasi dari pemilik kapal sebesar USD 5.000 (lima ribu US Dollar), sisa gaji almarhum sebesar USD 1.110 (seribu seratus sepuluh US Dollar), dan sisa gaji di atas kapal sebesar USD 930 (Sembilan ratus tiga puluh US Dollar).

(IS, 23/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BRI Idul Fitri
atc_cargo
psstki