Berita > Seputar TKI
Mulai Hari ini, Setiap Penumpang yang Masuk ke Indonesia Wajib Bawa Test PCR
23 Dec 2020 05:57:39 WIB | Hanik Tw | dibaca 3165
Ket: Mulai Hari ini, Setiap Penumpang yang Masuk ke Indonesia Wajib Bawa Test PCR
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Bagi pendatang baik itu WNI maupun WNA yang masuk ke wilayah Indonesia mulai tanggal 23 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021 diwajibkan untuk memiliki hasil tes RT-PCR (negatif) paling lama 3 x 24 jam.

Selain diwajibkan memiliki hasil tes RT-PCR, di setiap bandar udara internasional dan pelabuhan internasional di Indonesia akan disiapkan rangkaian pemeriksaan kesehatan.

Seperti pemeriksaan suhu tubuh; validasi surat keterangan sehat di pintu kedatangan melalui e-HAC Indonesia; dan dilakukan pemeriksaan ulang berupa RT-PCR.

Selanjutnya, seluruh pelaku perjalanan yang akan melanjutkan penerbangan, baik domestik ataupun internasional, diwajibkan untuk melakukan tes kembali apabila hasil tes PCR yang dimilikinya telah melewati masa berlaku, yang ditentukan sesuai Surat Edaran Satgas COVID-19 yang dimaksud.

Para pelaku perjalanan dihimbau agar senantiasa menjaga protokol kesehatan dan ikut memastikan kondisi yang aman, sehat, dan nyaman bagi para pelaku perjalanan maupun masyarakat di tempat tujuan dan senantiasa menghormati peraturan yang berlaku di wilayah tempat tujuan.

Dilansir dari laman KDEI (22/12) adapun masa berlaku edaran Satuan Tugas Nasional tersebut adalah mulai tanggal 19 Desember 2020 sampai dengan tanggal 8 Januari 2020.

Apabila terdapat pertanyaan yang menjadi concem oleh PNA dan OI mengenai ketentuan baru sementara tersebut, kiranya dapat disampaikan secara tertulis agar dapat diteruskan kepada kementerian/lembaga dan Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID-19 pada kesempatan pertama.
(HNI, 23/12)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh