Berita > Seputar TKI
Taiwan Perpanjang Penyetopan Pengiriman PMI Hingga Waktu yang Belum Ditentukan
16 Dec 2020 13:57:20 WIB | Hanik Tw | dibaca 1537
Ket: Taiwan Perpanjang Penyetopan Pengiriman PMI Hingga Waktu yang Belum Ditentukan
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Pusat Komando Epidemi Central (CECC) hari ini menyatakan bahwa mengingat terus meningkatnya epidemi COVID-19 di Indonesia, mulai tanggal 18 Desember pengiriman pekerja migran Indonesia ke Taiwan akan terus ditangguhkan atau diperpanjang lagi penutupannya.

Penangguhan pengiriman PMI yang semula hanya berlaku selama dua minggu mulai 4 ~ 18 Desember, maka penyetopan pengiriman PMI diperpanjang lagi dan akan diputuskan untuk dibuka kembali tergantung pada situasi epidemi setempat (di Indonesia).

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pencegahan epidemi lintas negara dan untuk menjaga keselamatan masyarakat Taiwan.

Dalam siaran persnya hari ini (16/12) CECC mengatakan, masa penangguhan sebelumnya akan berakhir tanggal 17 Desember besok. Namun, dalam seminggu terakhir jumlah kasus di Indonesia telah meningkat sekitar 6.000 kasus, dan kondisi pandemi belum juga berkurang.

Selain itu, sejak bulan Oktober hingga saat ini, terdapat 132 kasus terkonfirmasi berasal dari Indonesia, 76 di antaranya memiliki laporan uji asam nukleat negatif, namun pemerintah Indonesia belum menyediakan lembaga inspeksi ( tempat pemeriksaan )bersertifikat.

CECC menyatakan, pihaknya akan terus memantau situasi epidemi lokal di Indonesia, dan berdiskusi dengan Kedutaan Besar Taiwan di Indonesia (TETO) terkait kelayakan sertifikasi lembaga karantina lokal.

Apabila sudah dipastikan bisa menjamin keamanan epidemi di Taiwan, pada saat itu CECC akan membuka kembali pengiriman PMI.
(HNI, 16/12)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh