Berita > Info Penting
Mulai 16 November Uji Coba MRT Taichung Gratis Selama Satu Bulan, Berikut Caranya
11 Nov 2020 21:09:42 WIB | Hanik Tw | dibaca 869
Ket: Mulai 16 November Uji Coba MRT Taichung Gratis Selama Satu Bulan, Berikut Caranya
Foto: United Daily News
Taichung, LiputanBMI - MRT jalur hijau pertama di Kota Taichung yang juga merupakan jalur MRT pertama di Taiwan Tengah akan memulai uji coba pengoperasian selama satu bulan mulai 16 November hingga 15 Desember, dan akan beroperasi secara resmi mulai 19 Desember 2020.

Masyarakat Taichung yang sudah lama menantikan adanya MRT di kota Taichung akhirnya bisa merasakan transportasi menggunakan MRT sebelum akhir tahun ini.

Jalur Hijau MRT Taichung panjangnya sekitar 16,71 kilometer dan memiliki 18 stasiun. Terutama akan menghubungkan Stasiun Utama di Beitun hingga stasiun kereta cepat THSR dimana rutenya melewati sepanjang Jalan Wenxin yang ramai menuju ke Stasiun THSR Taichung.

Untuk ke depannya penumpang yang dari stasiun THSR lebih mudah untuk menuju arah perkotaan, bahkan perjalanan dari Stasiun Wuri, Daqing dan Songzhu semuanya dapat ditransfer ke Kereta Api biasa.

Adapun untuk masuk dan keluar stasiun MRT, tiketnya harus menggunakan tiket elektronik. Untuk tarif biasa satu arah mulai dari NTD 20 tarif maksimum adalah NTD 50 dan kenaikan tarif dihitung setiap jarak tempuh sepanjang dua kilometer naik sebesar NTD 5.

Untuk kartu tiket bisa menggunakan Yoyo Card, kartu all-in-one (Yi Ka Dong) atau kartu tiket iCash. Selain itu direncanakan ada tiket khusus untuk orang tua di atas 65 tahun, tiket diskon untuk grup, tiket komuter favorit, dan tiket perjalanan atau tour.

Anak-anak di bawah 6 tahun gratis, sedangkan anak yang berusia 6-12 tahun akan diberikan kartu tiket khusus untuk anak secara gratis dan bisa menikmati diskon setengah harga.

Uji coba pengoperasian MRT Taichung yang akan berlangsung 4 minggu itu, pada 3 minggu pertama uji coba akan dimulai jam 7 pagi hingga 20 malam setiap hari, sementara untuk satu minggu terakhir akan dibuka dari jam 6 pagi hingga 24:00 malam, setiap harinya.

Setiap hari pada jam sibuk yaitu pada saat penumpang berangkat atau pulang kerja jarak waktu kedatangan antara MRT satu dengan satunya setiap 5 menit sekali, sedangkan pada jam tidak sibuk setiap 8 menit sekali. Di hari libur setiap 8 menit sekali dan pada jam larut malam setiap 15 menit sekali. Selain itu dapat disesuaikan secara fleksibel sejalan dengan perpindahan penumpang ke Kereta Api Taiwan, kereta cepat THSR atau pada acara khusus.
(HNI, 11/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh