Berita > Info Penting
Mulai 9 November Taiwan Perketat Proses Pemeriksaan Covid-19 di Bandara
07 Nov 2020 07:10:18 WIB | Hanik Tw | dibaca 2627
Ket: Mulai 9 November Taiwan Perketat Proses Pemeriksaan Covid-19 di Bandara
Foto: Taiwan today
Taipei, LiputanBMI - Pada tanggal 4 November 2020, Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC) mengumumkan bahwa mulai tanggal 9 November 2020, penumpang yang pernah memiliki gejala dalam kurun waktu 14 hari terakhir, harus menjalani proses pemeriksaan lebih ketat.

Selain itu, saat ini situasi wabah virus korona Wuhan (Covid-19) di berbagai negara masih berlangsung dengan sangat serius. Ditambah lagi musim gugur dan musim dingin adalah musim yang sangat rawan terhadap penyebaran influenza.

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk memperketat proses melewati imigrasi bagi orang yang kembali dari luar negeri. Setiap orang yang memiliki gejala akan diminta untuk melakukan 2 kali pemeriksaan asam nukleat.

Apabila hasilnya negatif, maka orang tersebut akan diperbolehkan untuk melanjutkan karantina di hotel atau lokasi yang sudah ditunjuk, atau melakukan karantina mandiri di rumah.

Dikutip Taiwan Today (5/11), beberapa proses pemeriksaan yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut:

1. Penumpang yang memiliki gejala, atau pernah memiliki gejala dalam kurun waktu 14 hari terakhir, harus menjalani pemeriksaan dan pengambilan sampel di bandara (atau di rumah sakit yang telah ditunjuk), kemudian menunggu di tempat yang telah disediakan hingga hasil pemeriksaan keluar. Apabila hasilnya negatif, penumpang tersebut harus menjalani pemeriksaan kedua setelah 24 jam.

2. Apabila hasil pemeriksaan kedua juga negatif, dan dinyatakan aman oleh diagnosis dokter, penumpang tersebut akan diizinkan untuk melanjutkan karantina di hotel (atau lokasi yang ditunjuk), atau melakukan karantina mandiri di rumah.

CECC kembali mengimbau masyarakat bahwa semua penumpang harus menyelesaikan pengajuan izin masuk secara online melalui ponsel, sebelum naik ke pesawat.

Apabila dalam kurun waktu 14 hari terakhir sebelum terbang Anda mengalami gejala demam, batuk, pilek, hidung tersumbat, napas tersengal-sengal, diare, kehilangan indra penciuman, tubuh lemas, maupun gejala lainnya yang mirip dengan gejala Covid-19, Anda wajib melaporkan diri kepada petugas bandara, dan menjalani pemeriksaan.
(HNI, 07/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh