Berita > Info Penting
Pemegang ARC di Taiwan Berhak Mendapat Kupon Stimulus Triple, Bagaimana Dengan Pekerja Migran
17 Jul 2020 17:32:59 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 554
Ket: Pemegang ARC Berhak Mendapat Kupon Stimulus Triple, Bagaimana Dengan Pekerja Migran
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Salah satu cara mendorong kembali roda perekonomian setelah adanya pandemi Covid-19, pada tanggal 2 Juni 2020, Eksekutif Yuan, Taiwan mengumumkan bahwa pemerintah akan menjual Kupon Stimulus Triple (Triple Stimulus Voucher) atau dalam bahasa mandarin disebut Chengxing San Pei Chuen (振興三倍券).

Kupon senilai NT$ 3.000 dengan harga NT$ 1.000, dimana pemesanan secara online mulai sejak tanggal 1 Juli 2020 lalu, dan mengambilnya pada tanggal 15 Juli di 4 minimarket besar. Kupon tersebut dapat digunakan mulai tanggal 15 Juli hingga akhir Desember 2020.

Setiap warga negara ROC (Taiwan), pasangan asing yang memiliki izin tinggal ARC (有居留權的配偶), dan anak dari penduduk migran baru (pasangan Asing) yang lahir sebelum akhir Desember 2019 dan memiliki kartu NHI, dapat membeli kupon ini satu orang satu paket (NT$ 3.000) tanpa batasan latar belakang kekayaan.

Sekitar 120 ribu keluarga dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah dapat memperoleh satu paket kupon tanpa harus membayar NT$ 1.000 dengan cara pemerintah akan langsung mentransfer jumlah uang tersebut ke dalam rekening.

Kupon ini tidak tersedia untuk Warga Negara Asing selain dari yang tersebut di atas dan pekerja migran di Taiwan yang biasa disebut wailao (外勞) atau Yi kong (移工).

Kupon ini hanya bisa digunakan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu mulai tanggal 15 Juli hingga 31 Desember 2020.

Kupon dapat diperoleh dalam tiga jenis, yaitu kupon dalam bentuk kertas atau fisik, kupon dalam bentuk pembayaran elektronik (TaiwanPay, LinePay, JkoPay), dan kupon digital (EasyCard, iPass, dan lain-lain).

Mulai tanggal 15 Juli 2020, masyarakat dapat membeli kupon kertas atau fisik di 1.300 cabang kantor pos nasional dengan membawa kartu NHI. Penggunaan kupon dan pengambilan kupon tidak dibebankan biaya administrasi.

Kupon hanya bisa digunakan untuk berbelanja di toko eceran, restoran dan rumah makan, pasar malam, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, kegiatan seni, hotel dan penginapan, tiket THSR dan kereta api, dan lain-lain.

Kupon tidak bisa digunakan untuk belanja online, membayar pajak, membayar denda, membayar tagihan, membeli produk rokok dan tembakau, membayar premi asuransi, membeli saham, membayar biaya pensiun, membayar tagihan kartu kredit, membeli kupon belanja, mengisi ulang ponsel maupun tiket elektronik angkutan umum.
(IYD, 17/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh