Berita > Seputar TKI
Masuk Taiwan Tidak Karantina Pekerja Migran Asal Vietnam Didenda NTD 100.000, Bayarnya Dicicil
01 Jun 2020 22:08:47 WIB | Hani Tw | dibaca 1799
Ket: Masuk Taiwan Tidak Karantina Pekerja Migran Asal Vietnam Didenda NTD 100.000, Bayarnya Dicicil
Foto: United Daily News
Taichung, LiputanBMI - Seorang pekerja migran asal Vietnam dikenakan denda NTD 100.000 karena tidak mengikuti peraturan di Taiwan yaitu harus mengikuti karantina selama 14 hari setelah masuk Taiwan.

Dilansir media United Daily News (1/6), pekerja migran asal Vietnam tersebut masuk Taiwan pada 19 Maret lalu. Seharusnya ia di karantina di tempat karantina Yunlin, akan tetapi ia malah keluar untuk menemui temannya. Ia tidak tahu kalau hal itu termasuk sebuah pelanggaran serius di Taiwan dan akan dikenakan denda yang tidak sedikit.

Pekerja tersebut dianggap kabur karena tidak masuk ke tempat karantina, maka selain tidak masuk tempat karantina ia juga dilaporkan kabur.

Agen berhasil menghubunginya melalui telepon dan memberitahu bahwa tindakan semacam itu di Taiwan adalah pelanggaran besar, ia diminta untuk menyerahkan diri ke kantor polisi. Akan tetapi, kemudian ia mengambil inisiatif untuk menyerahkan diri di kantor Kepolisian cabang Kabupaten Nantou.

Sesuai dengan standar hukuman yang relevan di Taiwan, oleh Biro Kesehatan Pemerintah Kabupaten Nantou pekerja asal Vietnam itu dikenakan denda sebesar NTD 100.000.

Akan tetapi, karena batas waktu pembayarannya sudah terlambat, maka Biro Kesehatan Nantou menyerahkan kasusnya ke Pengadilan Cabang Changhua untuk ditindaklanjuti.

Pihak pengadilan menyadari bahwa pekerja tersebut datang dari Vietnam untuk bekerja dengan sumber daya yang terbatas, dan menyetujui bahwa pembayaran dendanya dilakukan dengan cara dicicil setiap bulan. Kemudian atas bantuan agen, ia membayar cicilan pertama sebesar NTD 5.000.
(HNI, 01/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh