Berita > Seputar TKI
TCESIA Sediakan Pengacara di Kaohsiung Untuk Dampingi Pekerja Migran Bermasalah
05 Oct 2019 14:51:06 WIB | Hani Tw | dibaca 1026
Ket: TCESIA memperluas layanan pengacara untuk membantu pekerja migran bermasalah
Foto: TCESIA
Kaohsiung, LiputanBMI - Untuk meningkatkan perlindungan kepada pekerja migran yang memiliki masalah hukum, Taoyuan City Employment Service Institute Association (TCESIA) memperluas pelayanan dengan menyediakan kantor pengacara di Kaohsiung.

Keputusan perluasan layanan tersebut bertujuan untuk membantu pekerja migran bermasalah yang harus berurusan dengan hukum dengan membantu mereka mengajukan permohonan bantuan hukum tanpa biaya.

Demikian disampaikan Ketua TCESIA Taoyuan atau yang biasa disebut Konghue, Hwang Kao-Jie (黃杲傑) melalui sekretarisnya, Muriel Yu kepada LiputanBMI, Sabtu (5/10/2019).
Hwang Kao-Jie mengatakan, pekerja migran jauh-jauh datang ke Taiwan untuk mencari uang, akan tetapi ada sebagian yang terjerat hukum karena ketidaktahuan mereka akan hukum di Taiwan.

"Kasihan mereka, datang ke Taiwan untuk bekerja mencari uang tapi malah berurusan dengan hukum bahkan sudah banyak yang di penjara, "jelas Hwang Kao-Jie.

Lanjutnya, sebagian dari mereka ketakutan atau ditakut-takuti sehingga saat di persidangan, mereka akhirnya menerima apa yang menjadi keputusan pengadilan tanpa bisa melakukan pembelaan.

Menurut Hwang Kao-Jie, semenjak ia menjabat sebagai ketua TCESIA sudah banyak pekerja migran yang terjerat hukum bisa diselamatkan dengan membantu mereka mencarikan pengacara kepada lembaga bantuan hukum di Taiwan.

Seperti halnya kasus pekerja migran Indonesia berinisial TYN, ia hampir saja ia dipenjara karena tertipu membeli sepeda listrik yang ternyata hasil curian. Melalui bantuan dan petunjuk dari aktifis PMI di Taiwan ia meminta bantuan pengacara Fang Hao-Jian (方浩鍵) dari Kaohsiung yang merupakan cabang dari TCESIA.

Dengan diperluasnya pelayanan dari TCESIA diharapkan jika ada pekerja migran yang membutuhkan bantuan hukum di wilayah utara dan tengah dapat menghubungi nomor telpon 03-3330909, atau datang ke kantornya dengan alamat 3F, No. 486, Zhongshan Rd., Taoyuan City.

Sementara untuk wilayah selatan bisa menghubungi pengacara Fang Hao-Jian (方浩鍵) atau datang ke kantor Han Wei Law Firm(瀚衛聯合法律事務所). Alamat: 4F, No. 167, Zhongyi Rd., Qianjin Dist., Kaohsiung City.

Bagi pekerja migran yang kesulitan berbahasa mandarin bisa melalui perantara dengan meminta bantuan agen, penerjemah atau teman yang bisa berbahasa mandarin.
(HNI, 05/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh