Berita > Seputar TKI
Suami Masuk Taiwan Dengan Visa Kunjung Susul Istri yang Overstayer Tertangkap Polisi
11 Apr 2019 21:52:14 WIB | Hani Tw | dibaca 1166
Ket: Polisi menangkap pekerja migran Indonesia yang overstayer di Taiwan
Foto: Liberty Times
Taichung, LiputanBMI - Kepolisian Taichung telah berhasil menangkap tiga orang pekerja migran Indonesia (PMI) dan satu orang WNI pengguna visa kunjung yang berstatus overstayer pada Rabu (9/4/2019).

Kejadian tersebut bermula ketika petugas kepolisian Kota Fongyuan Li Cia-pao (李家寶) sedang patroli memergoki salah satu dari mereka yang berinisial F saat keluar membawa minuman.

Sebagaimana diberitakan oleh media United Daily News (4/10), petugas polisi mengatakan, F kelihatan gugup dan salah tingkah melihat kehadiran polisi, bahkan mencoba untuk menghindar.

Menurutnya, perubahan sikap F tersebut justru membuat petugas polisi merasa curiga dan mencoba mendekati posisi F. Mengetahui keadaan tersebut F justru melarikan diri menuju salah sebuah pemukiman tempat kontrakannya.

Li Cia-pao segera meminta bantuan timnya untuk menggerebek rumah kontrakan tersebut. Dalam rumah kontrakan tersebut ternyata penghuninya selain F ada tiga orang lagi warga Indonesia yang juga berstatus overstayer. Dua orang bersembunyi di dalam lemari baju dan satu lagi di belakang pintu belakang.

Mengetahui tim polisi memasuki rumah, secara spontan F bersimpuh sambil memegang kaki salah seorang polisi memohon supaya tidak menangkapnya.
Sementara yang lain tidak bisa berkutik dan menurut atas apa yang diperintahkan tim polisi.

Menurut pengakuannya kepada polisi, salah satu pria berinisial S mengatakan, ia datang ke Taiwan dengan visa kunjung bulan Oktober 2018 lalu
karena berniat mencari istrinya yang sebelumnya menjadi PMI.

Ke-empat orang tersebut saat ini sudah dikirim ke imigrasi satuan khusus kota Taichung untuk menunggu proses selanjutnya kemudian mengurus proses kepulangan.
(HNI, 11/04)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh