Berita > Ekosospol
Pemerintah Taiwan Berencana Libatkan Tim Sepak Bola Pekerja Migran di Turnamen Lokal
06 Nov 2018 09:15:11 WIB | Yully Agyl | dibaca 121
Ket: Ilustrasi
Foto: Google
Taipei, LiputanBMI - Kepala baru asosiasi sepak bola Taiwan pada Minggu (4/11/2018), menyaksikan turnamen sepak bola amatir yang dimainkan oleh tim pekerja migran dan menganggap semangat pekerja terhadap olahraga dapat membantu memperkuat perkembangan sepak bola di Taiwan.

Dalam pembicaraannya yang dikutip CNA, Minggu (4/11), Chiou I-jen (邱義仁), kepala baru Asosiasi Sepakbola (CTFA) Taiwan, mengatakan dia mempunyai gagasan tim sepak bola pekerja migran amatir bisa berkompetisi di turnamen lokal yang diselenggarakan oleh CTFA di masa depan. Namun, rincian proposal semacam itu masih harus dibahas lebih lanjut.

Chiou memperhatikan bahwa sepak bola populer di negara asal para pekerja migran dan melihat mereka sangat bersemangat dengan olahraga ini.
Menurutnya, meskipun mereka bukan pemain profesional, pengabdian mereka terhadap olahraga di Taiwan pasti akan membantu pengembangan olahraga secara lokal.

Chiou hadir dalam turnamen sepakbola imigran internasional di Kompleks Olahraga Xinzhuang New Taipei dan membuka pertandingan turnamen tersebut. Turnamen menampilkan tim amatir yang terdiri dari warga asing dari seluruh Taiwan.

Sementara, Karen Hsu (徐瑞希), sekretaris jenderal Organisasi Pekerja Global (GWO) Taiwan selaku penyelenggara turnamen mengatakan, LSMnya menyelenggarakan turnamen sepakbola pekerja migran internasional mulai tahun 2015.

Menurut Hsu, pekerja migran Vietnam adalah nomor satu penggemar sepak bola di Taiwan. Mereka telah membentuk 25 hingga 30 tim dengan bantuan asosiasi Vietnam di luar negeri yang ada di Taiwan, dan secara teratur mengadakan pelatihan dan pertandingan sebagai cara untuk menyatukan anggotanya.

Thailand dan Indonesia juga menyukai sepakbola, dengan sekitar lima tim Thailand, tetapi mereka tidak memiliki satu organisasi untuk membantu mempertemukan tim.
Dia mengusulkan agar CTFA Taiwan membantu mengumpulkan tim-tim itu dalam turnamen reguler.
(YLA, 06/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh