Berita > Seputar TKI
KBRI Kuala Lumpur Buka Layanan Dokumen Anak WNI yang Lahir di Malaysia
26 Oct 2018 21:48:35 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 4163
Ket: pengumuman KBRI KL tentang SBPK
Foto: KBRI KL
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Setiap anak Warga Negara Indonesia (WNI) yang lahir di Malaysia perlu memiliki dokumen yang sah. Setiap ibu berkewarganegaraan Indonesia yang melahirkan anak di Malaysia, hendaknya menguruskan Surat Bukti Pencatatan Kelahiran (SBPK) yang bisa diajukan di perwakilan RI di Malaysia, termasuk KBRI Kuala Lumpur.

Oleh karena itu, KBRI Kuala Lumpur mengimbau kepada para WNI untuk menguruskan dokumen SBPK bagi putra-putrinya yang lahir di Malaysia. KBRI Kuala Lumpur telah membuka layanan SBPK atau yang selama ini dikenal dengan SPL.

Ada pun syarat untuk mengurus SPBK, yaitu:

1. Sijil Lahir Anak yang diterbitkan oleh JPN Malaysia dan telah disahkan oleh Kemlu Malaysia
2. Buku/Akta Nikah Orang tua
3. Paspor/Identitas Orang tua

Bagi WNI yang menghadapi kendala dokumen atau tidak bisa memenuhi persyaratan di atas karena sesuatu hal/alasan, KBRI Kuala Lumpur membuka jalur khusus dengan persyaratan:

1. Surat Kelahiran Anak dari rumah sakit
2. Surat Kewarganegaraan WNI bagi anak, yang diterbitkan oleh Atase Hukum KBRI KL
3. Identitas orang tua, khususnya ibu kandung

Untuk informasi lebih lanjut, sila berkonsultasi dengan Petugas Pelayanan Konsuler KBRI Kuala Lumpur di Loket 1 hingga Loket 5 setiap hari kerja.

Dalam Surat Edaran yang dikeluarkan, Jumat (26/10), KBRI Kuala Lumpur menyebutkan, SPBK tersebut bisa digunakan untuk mengurus paspor anak-anak WNI yang lahir di Malaysia.

“Intinya, kami akan berupaya membantu agar masyarakat kita di Malaysia dapat menguruskan dokumen anak-anak mereka yang lahir di sini, apa pun kondisi orang tuanya. Jadi, silakan datang ke KBRI untuk bantuan dan informasi lebih lanjut,” kata Pelaksana Fungsi Konsuler I KBRI Kuala Lumpur, Dahlia Kusuma Dewi ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Jumat (26/10).
(FK, 26/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh